Model sangkar madura

Sangkar burung memang sangat penting bagi para kicau mania atau pecinta burung, dikarenakan sangkar adalah rumah utama seekor burung kicauan. Di jaman yang modern ini, inovasi terhadap sangkar burung seakan tiada henti. Ide ide kreatif untuk menciptakan sangkar jenis baru kian banyak.

Namun pada kesempatan kali ini saya akan membahas model sangkara madura. Ciri khas model sangkar madura terletak pada bonjol atu bagian atasnya. Bagian atas sangkar madura terkadang terlihat seperti gambar di bawah ini.

Memang yang menjadi ciri khas sangkar model meduronan adalah bagian atasnya. namun juga ada hal lain yang bisa kita tengok untuk mengetahui sangkar jenis maduronan. yakni bisa kita lihat dari tiang penyangga, biasanya tiang penyangga pada sangkar maduro itu di beri aksesn profil dalam. sehingga memperlihatkan kesan kokoh dan nilai estetika yang sangat tinggi.

Nah untuk masalah papan, banyak yang mengaplikasikan papan lebar dan da juga yang mengaplikasikan dengan papan sempit. tergantung si pengrajin sangkar.


sangkar madura punya kelemahan, yakni pada bagian jeruji atas yang mudah patah, karena bentuknya yang begitu melengkung menyebabkan jeruji bambunya rawan sekali patah.

tapi kelebihannya dari segi display sangkar jenis madura lebih terlihat elegan jika di gunakan untuk event besar. dan burung juga lebih leluasa bergerak karena space keatasnya lebih lapang.