Cara Mengatasi Kamera Ponsel Yang Buram


Kamera ponsel kamu buram? mulai kabur dan terlihat berkabut? hmm kenapa ya?

Memang si gan kamera menjadi sangat penting untuk sebuah ponsel di jaman sekarang. Karena kamera bisa bantu kamu capture momen momen indah dan dengan cepat membagikannya ke sosial media. Akan tetapi apa yang terjadi bila kamera ponsel kamu burem?.

Nah sobat, ada beberapa kemungkinan mengapa kamera ponsel kamu burem dan terlihat berkabut.


  1. Ada Baret - Terkadang baret halus memang tidak terlihat sobat. Baret halus terjadi karena gesekan lensa luar kamera dengan partikel debu kecil. Nah jika kamu sering melettakkan ponsel kamu sembarangan, sebaiknya mulai sekarang di kurangin deh. Karena permukaan yang tidak bersih dan halus dapat merusak lensa luar kamera kamu.
Nah solusi untuk masalah ini adalah, Buat ngilangin baret halus pada kamera kamu, kamu bisa mengolesi lensa kamera kamu dengan odol. Ya odol, karena kandunganya dapat mengikis baret yang ada di lensa kamu. Ingat olesinnya jangan kebanyakan, karena semakin banyak odolnya maka dikhawatirkan lensa kamu malah jadi semakin tipis ketebalannya karena di kikis odol. 

Pakailah odol yang kaya p*psodent ya , jangan odol yang bentuk gel kaya c*oseup.


    2.Kena debu - Terkadang debu memang nyebelin, karena sering nempel di lensa kamera kita. Apalagi kalo buat kamu yang sering taruh ponsel di kasur yang debu kasurnya banyak, bisa jadi saking banyaknya debu yang nempel bisa buat tayamum tuh :D

Nah untuk problem yang satu ini kamu bisa mengatasinya dengan Minyak kayu putih. Terserah mau minyak kayu putih merk apapun, yang penting judulnya minyak kayu putih. Nah tuangkan minyak kayu putih pada selembar tissue (jangan kapas y sobat). lalu gunakan bagian basah yang terkena minyak kayu putih tadi untuk membersihkan debu yang menempel, karena minyak kayu putih akan mengangkat debu yang menempel.

     3.Ada Embun di dalam lensa - kalao kamu menaruh ponsel kamu di tempat yang lembab, kemungkinan mengembun bisa terjadi. Misalnya ponsel kamu kantongin pas posisi celana kamu basah anyep anyep abis ujan ujan. Ketika kamu keluarin pasti ada semacam putih putih di dalem lensa yang gak bisa kamu seka.

Nah cara ngatasinya kayak gini. Bagian kamera kamu pasti ada yang renggang kecil banget karena sanggup dimasuki hawa udara. Nah karena hawa tersebut yang bikin ngembun maka kamu cukup memberikan hawa hangat kepada bagian kamera, hal ini bertujuan untuk menetralisir embun tadi supaya dapat terbawa oleh hawa hangat yang kamu kirimkan. Kamu bisa pakai hair dryer atau yang paling simple pakai hawa nafas cukup dengan meng HAAAHH kan bagian ponsel kamu.


Nah sobat berikut beberapa cara membuat kamera ponselmu menjadi bersih dan tidak buram.

Guys mampir ke Chanel Youtube ku ya : Youtube Chanel / MYtakesilo ada video tips tips yang lainnya , , , hehehe

Baca Juga : CARA MERAWAT LENSA KAMERA GOPRO, XIAOMI YI, BRICA B-PRO ALPHA DAN SJCAM

99 comments

wah apakah cara ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan embun pada jam tangan?

Balas

Embun pada jam tangan... Caranya rendam jam tngan di beras aja gan semalam... Dijamin ilang tu embunnya.. #pengalaman pribadi

Balas

wah sip gan infonya..sederhana tapi bermanfaat sekali. ngepasi kamera HP saya yo gitu, tk coba ya..nuwun

Balas

Gan kalu kameranya buram terus dikasih air lalu sedikit jernih tu knp beret/kena debu

Balas

Itu cara no 1 odolnya dibiarin ngendap atau cuma sekedar di olesbterus di lap lagi?

Balas

Wkwk ngakak pas baca 'meng HAAAHH' :v
Btw nice post, udah dipraktekkan dan 100% work. Thx min :D

Balas

Ngga bekerjaa malah tamvah buraamk

Balas

step nya udah bener belum gan, kasih odol atau minyak kayu putihnya nya jangan kebanyakan, terus di lap searah pakai tissue bersih dengan agak sedikit menekan nekan.

Balas

tapi efektif lho sob, pake cara HAAAHH itu lebih greget dan mantep , hahaha

Balas

di biarin mengendap 30 detik, jangan terlalu lama

Balas

itu bisa jadi kena debu sob, tapi hati hati ya kalo pakai air ntar masuk kedalam kamera airnya.
mending pakai cara yang diatas aja.

Balas

Balik kondangan malem2 ko kamera jadi buram? Panik banget gan, soalnya ni hp+kameranya buat jualan. Googling dengan kata kunci "kamera zenfone 5 buram" ga nemu. Akhirnya udah kepikiran dah besok mau diservice. Ane cari lagi kata kunci lain, akhirnya nemu artikel ini. Pas dicek di lensa, duaaar... lensanya ternyata kena minyak makanan pas kondangan tadi mungkin. Ane praktekin deh pake cara nomor 1, pake odol. Alhamdulillah normal lagi gan... nih artikel bermanfaat banget. Thanks ya gan, biar Tuhan yang balas kebaikan agan yang udah mau berbagi kepada sesama.

Balas
This comment has been removed by the author.

wah mantap kan gan, lebih teliti dan aware aja sama kamera ponsel kita, jangan buru buru di bawa ke tukang service kalo bisa di perbaiki sendiri

Balas

Kalo kamera depan, caranya juga aama?

Balas

kalo kamera depan blum di tes cuy, tapi coba aja , jika ke kamera belakang aja berhasil kenapa ke kamera depan enggak?

Balas

Mau nanya kalau diolesinnya tuh ke lensa kamera yang bagian dalamnya bisa ngga?

Balas

kalo ngolesin ke bagian lensa dalam, berarti kan harus buka penutup lensa utama , kalo aku bilang sih mending jangan, karena bagian dalam lensa lebih sensitive.

Balas

Kalau kamera ku tadi nya biasa aja ntah sekarang jadi agak ngeblur hasilnya, tapi kalau di zoom dikit enggak, itu kenapa ya?..

Balas

zenphone 5 ane juga tiba" jadi buram bagian depannya gan, kirain efek makek pelindung layar, eh dibuka malah sama aja, jadi bingung..

Balas

Ini efektif juga gak buat lensa kamera digital?

Balas

Ini efektif juga gak buat lensa kamera digital?

Balas

Buat kamera depan bisa ga yaa gan...?? Soalnya samsung j5 q buram parah....😑

Balas

Buat kamera depan bisa ga yaa gan...?? Soalnya samsung j5 q buram parah....😑

Balas

Lumayan membantu,balik kerja ane langsung praktekin gan..OK umayan laahhh 👍

Balas

Lumayan membantu,balik kerja ane langsung praktekin gan..OK umayan laahhh 👍

Balas

Gan hp ane camera ny berdebu, tapi kaya ny bagian dalem, trus cara mengatasi ny sama kaya yang agan itu, atau harus bongkar dulu camera hp ny??

Balas

kalo udah bagian dalem sih biasanya harus bongkar gan

Balas

misi mas mau nanya,kalo misalnya kamera hp nya ada bercak item itu kenapa yah? dan tau solusinya ngga?
makasih

Balas

misi mas mau nanya,kalo misalnya kamera hp nya ada bercak item itu kenapa yah? dan tau solusinya ngga?
makasih

Balas

Kamera belakang iphone saya berdebu gan tapi debunya di dalam :( ada solusi ga?

Balas

Bercak item?, hmm dilensa nya ada keliatan bercaknya gak? kalo keliatan di lensa kamera ada bercaknya ya tinggal di bersihin, tapi kalo tidak ada bercaknya bisa jadi softwarenya kena, atau sensornya gan, coba deh di kroscek lagi

Balas

kalo kotor yang bagian dalam ya musti bongkar lensa gan, hindari taruh handphone di tempat berdebu ya gan seperti meja berdebu, kasur atau laci meja.
sebagus apapun hapenya kalo perawatanya tidak bagus ya sama saja gan

Balas

Mas nanya tapi jawabnya detail ya,
Pelindung kamera s3 mini saya kebuka, terus sekarang buram dan tidak mau fokus micro, caranya gimana?

Balas

Gan thanks buanget infonya...ane dah coba pake odol dan hasilnya sangat memuaskan...sehat dan sukses selalu buat agan...

Balas

wah kebuka gara gara pernah jatuh atau gimana gan? kalo seperti itu sudah parah, masalah gak bisa fokus macro, mungkin juga bagian hardware autofokusnya kena.

Balas

coba ahhh. thanks gan infonya sangat nermanfaat..

Balas

Mantap gan info nya makasih sederhana bahagia dengan cara anda :-D

Balas

Cara supaya embun pada kamera gak balik lagi gimana???

Balas

Cara supaya embun pada kamera gak balik lagi gimana???

Balas

Mantap gan info nya makasih sederhana bahagia dengan cara anda :-D

Balas

Tp hp aku ttp gak mau nih kamera dpnnya. Jadi jelek.deh kameraku. Gara2 awalnya itu pulang sklh hujan deres bgt smpe jalannya kyk banjir gt. Smpe rumah tas aku basah semuanya. Hbs itu aku buka tas aku, dlm tas aku air nya byk dan kebetulan hp aku masukin tas dan gak bisa hdp sama sekali. Akhirnya aku tinggal tidur smbil di charger. Mlm nya dia aku banting2 dikasur sblmnya dia aku serot2 gtu emng pke mulut nyatanya airnya keluar kok walaupun agak jorok ya :v trs aku trs aku hidupin hp aku bisa lg deh gara2 aku banting berkali2 di kasur. Tp kamera dpnku berembun dehhh 😯😢

Balas

lah tpi kaca nya gk ada yg baret tuh om? trus hrus gmn?? klo di odol kn gk mungkin panas nya meresap k dlm lensa apa lgi pkek minyal kyu putih kn hrus menuju titiksaraf nya hhheee kya kerokan itu loh, kira" boleh gk??

Balas

sebenarnya cara ini tuh untuk menangani kamera hape pada bagian kacanya saja sih, kalau masalah lensa kan lebih sensitif tuh, karena ada sensor optical, jangan sampe deh om itu di obok obok...... ngerii

Balas

Jika cara ini membantu, jangan lupa share ya :D

Balas

Kalo lensa kmera.y baret parah kna jarum pentul lbisa oke odol juga ga ? Lensa dalem.y.. soal.y ppecah abis jatoh

Balas

Kalo lensa kmera.y baret parah kna jarum pentul lbisa oke odol juga ga ? Lensa dalem.y.. soal.y ppecah abis jatoh

Balas

Gk bisa gan...
Udh ane coba terus cara no 1 dioles slama 30 detik :'(
Huft....

Balas

kaca penutup lensa saya udh baret parah trs sy ganti pake ante gores yg bening klo ga pake flash hasilnya bersih bgt tp klo pake flash dia berkabut, tu knp ya bg, mohon bantuannyaaa..

Balas

Sama,saya juga begitu.tp pas pelindungnya di copot juga sama aja.bingung mau di apain.kayanya kalau di service sayang.

Balas

Kamera hp saya 21mp (sony m5) setelah beberapa bulan pemakaian kok hasil jepretannya jelek, kinas sinar dikit pasti gelap pengambilan gambarnya,, pusing saya broo tolong d jawab yahhh

Balas

Kamera hp saya 21mp (sony m5) setelah beberapa bulan pemakaian kok hasil jepretannya jelek, kinas sinar dikit pasti gelap pengambilan gambarnya,, pusing saya broo tolong d jawab yahhh

Balas

Gan klo kamera agak retak di kasih cara yg di atas bisa gk apa klo di kasih odol lensa ane kemasukan odol?

Balas

coba deh bro di kalibrasi dengan cara kamera diarahkan ke objek putih seperti kertas HVS dan fokuskan, lalu secara cepat pindahkan ke objek realnya, atau jika ingin hasilnya tidak gelap, sebelum menjepret gambar usahakan fokuskan dulu terhadap objek yang ingin di bidik.

Balas

Pas saya pake kamera belakang iphone saya seperti ada bayangan hitamnya (berupa bintik) di fotonya (pas mau ambil gambarnya juga) dan diubah posisinya juga tetep sama aja. Tapi kamera blkg gak ada masalah. Itu karena kotor atau bagaimana ya?

Balas

Gan tak coba pakek cara yang odol itu kok kagak ngaruh sama sekali ya ? Baret halusnya itu kok masih ada ? Apakah bener bisa hilang bekas baret halus gara - gara keluar masuk kantong ? Bisa minta solusi ? Ini hp saya andromax R makasih gan

Balas

Cara bersihkan debu dlm kamera depan resmi note 2 gmn suhu ?

Balas

Kaca kamera blakang saya pecah. Trus masuk debu. Dan sdikit buram. Cara bersihkannya gimana ya ??

Balas

Ane juga sama om. Kamera gabisa autofokus. Pas diliat ada baret di kacanya. Solusinya gimana ya?

Balas

Waaaaaaaahhh bener2 hebat pak deee satu ini..mujaaaaraaab gan..pake odol puooolll pokonya..awalnya sy beli hp dri on line sy udh kesel putus asa soalnya sy lupa cek camera pas sy beli.pas sy pulang coba sy jpret tu kamera (sy pake asus zenfone dua kaya pak de ni) jiaaaahh kameranya bureeeem gilaaaa...pas liat si lensa parah donk pak de baret2 abis pake bgt deeeh..pas liat postingan dri pak de ni..weeeeewww eeemeeezziiiingggg..hal hasil kamera sy blik normal jernih bgt pak deeee...bnr ni ilmunya bermanfaat bgt pakde..mudah2an smua orng ky pakde gk pelit sama ilmu dan mudah2an sukses trus ya pakde ni..bravoo deh buat pakde ..saluuut empat jempol ane kaseh buat pakde..skli lg trimaksih pakde agus.

Balas

Gan, opportunity mirror 3 ane baru diambil dari oppo centernya kemarin, ane lupa ngecek kameranya, langsung bawa pulang, pas coba kamera belakangnya ga fokus pas foto tulisan, tulisannya ga terbaca sama sekali,,, kenapa ya gan,?ApA kameranya rusak? Aduh,, baru buat mesinnya kemarin,, masa keluar uang lagi,,,,thank you gan

Balas

Gan kalo pas fhoto pake flash malah burem kalo tempat terang engga yg bermasalah apanya?

Balas

Gan kalo pas fhoto pake flash malah burem kalo tempat terang engga yg bermasalah apanya?

Balas

Gan gimana solusi.nya kalau kamera HP dalem.nya ada minyak ,, soal.nya Cassing cewek.ku pakek yg belakang.nya ada accesoris minyak.nya bocor jadi kena minyak.nya ???

Balas

Gan kenapa kamera hp android cwe saya ada bintik bintik kaya fotonya pecah

Balas

Gan solusinya hilangin bintik bintik pada kamera gimana

Balas

Mas saya mau nanya, itu cara 1 bersihin odolnya pake kain apa? Dan dibasuh pake air tidak? Atau hanya diolesi odol, di diamkan 30 detik langsung di lap menunggunakan kain? Terimakasih

Balas

gan kamera sy udh kotor nih nahh sy klo bwa di counter bisa gk ya? nah bayaran nya sekitar brp ya gan hp sy samsung grand 2. kynya emang dlmnnya yg kotor tp gan selain odol atau minyak kayu putih pke ap y gan trims

Balas

Kalo kamera depan saya ada debu nya gan terus gimana bersihinnya???

Balas

Klo punya ku, tergores tp agak dalam, dan membekas..itu gimana ya? Pake cara itu hasil nya jernih, tp yg ada goresan, tetap buram.

Balas

Pakek odol malah makin burem dan malah tampak jelas goresannya

Balas

Pusing sama kamera hape yang uda sebulanan jadi buram ternyata dapet trik simple disini, makasih bro

Balas

Gan kalau cara bersihin lensa yg hasil fotonya kyk ada bintik bintik di fotonya gimana yah

Balas

Gan kalau cara bersihin lensa yg hasil fotonya kyk ada bintik bintik di fotonya gimana yah

Balas

selamat pagi terimakasih info dan kunjungannya

Balas

selamat siang terimaksih atas info dan kunjungannya

Balas

selamat siang terimaksih atas info dan kunjungannya

Balas

selamat siang terimaksih atas info dan kunjungannya

Balas

selamat siang terimaksih atas info dan kunjungannya

Balas

selamat siang terimaksih atas info dan kunjungannya

Balas

mantapp gan, tutornya bisa di coba sendiri dirumah
solder uap

Balas

pak, kamera depan hp saya berdebu, gimana cara memberaihkannya

Balas

Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
-Situs Aman dan Terpercaya.
- Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
- Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
- Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
- Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
-Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
- 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

8 Permainan Dalam 1 ID :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com

Balas